Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akun Media Sosial Kamu Diretas? Jangan Salahkan Media Sosialnya

Afid Arifin - Pernahkah akun media sosial Anda terkena retas orang yang tidak bertanggung jawab? Salah satu akun media sosial yang paling banyak diretas adalah Facebook.

Di antara teman-teman pasti bertanya-tanya, mengapa Facebook sangat rentan diretas? Perlu diketahui bahwa tingkat keamanan Facebook bukanlah kaleng-kaleng dan sangat sulit diretas oleh hacker profesional sekalipun.

Akun Media Sosial Anda Diretas? Jangan Salahkan Media Sosialnya

Kenapa akun saya kena retas? Ada beberapa kemungkinan yang saya analisa. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Menggunakan Kata Sandi Lemah

Saat saya diminta untuk recovery atau memulihkan akun media sosial, hal pertama yang saya minta adalah data loginnya. Baik berupa email/nomor hp dan kata sandi terakhir.

Setelah data login saya dapatkan alangkah terkejutnya saya setelah mengetahui kata sandinya. Kata sandi teman saya begitu lemah dan hanya menggunakan kata sandi KELUARGA.

Jika ingin akun media sosial Anda aman, maksimalkanlah kata sandi Anda seperti menggunakan kombinasi yang rumit.

Tidak Memaksimalkan Keamanan

Hal ini paling sering ditemui. Anda tidak memaksimalkan fasilitas keamanan yang diberikan oleh platform media sosial Anda.

Contohnya di Facebook yang telah memberikan keamanan dengan lapisan ekstra seperti salah satunya adalah fasilitas verifikasi dua langkah.

Korban Phising

Sebagian lagi akun diretas karena menjadi korban phising. Phising sendiri merupakan teknik untuk mendapatkan data-data sensitif seperti informasi kartu kredit dan sebagainya secara illegal.

Teknik phising yang paling sering digunakan adalah iming-iming diamond gratis game online. Orang awam pasti akan langsung tergoda untuk memasukkan data pribadinya.

Bagaimana? Apakah Anda termasuk kedalam tiga hal di atas? Jika iya maka segeralah untuk memaksimalkan fasilitas yang ditawarkan oleh platform media sosial Anda.

Ribet? Lebih baik ribet yang penting akun Anda aman. Mulai sekarang, jangan menyalahkan platform media sosial yang Anda gunakan. Kembalilah kepada diri sendiri seberapa baik kita memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang diberikan.

Afid Arifin
Afid Arifin My name is Afid Arifin. I am a junior coder in the Upil Banteng web developer of my organization. This account does not represent the official point of view of an ex who has said "You're is Very Good For Me...".

Posting Komentar untuk "Akun Media Sosial Kamu Diretas? Jangan Salahkan Media Sosialnya"