Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Lindungi Akun Google dengan Verifikasi 2 Langkah

Afid Arifin - Google memberikan fasilitas keamanan yang cukup tinggi terhadap akun Google Anda. Jika kita memanfaatkannya maka itu sudah sangat cukup untuk melindungi kita dari serangan hacker.

Verifikasi dua langkah merupakan lapisan keamanan yang terbaik diberikan Google kepada akun Anda. Dengan Anda mengaktifkannya maka keamanan pada akun Anda lebih terjamin.

Metode apa saja yang tersedia untuk memverifikasi dua langkah akun Google? Secara bawaan, Google menyediakan 5 metode verifikasi. Berikut adalah 5 metode verifikasi dua langkah pada akun Google.

Metode Perintah Google

Pada metode ini, biasanya setiap kita berhasil login dengan sandi kita harus mengkonfirmasi pop up konfirmasi yang berisi tombol Ya/Tidak.

Hal ini merupakan lapisan pertama jika password kita jebol maka peretas tidak akan bisa masuk. Karena yang memegang kendali pop up adalah kita sendiri sebagai pemilik akun.

Pastikan jika Anda mengaktifkan metode ini harus menggunakan hp milik Anda dan tidak bisa diwakilkan lewat orang lain.

Metode Google Authenticator

Metode ini merupakan metode lapisan kedua keamanan akun Google Anda.. Opsi kedua ini dapat diaktifkan dan kode yang digenerate 60 detik sekali dapat digunakan sebagai pengganti metode sms.

Ini berguna jika verifikasi dua langkah pada metode sms lama masuknya kode yang dikirim via sms oleh Google. Baiknya lagi, aplikasi ini dapat digunakan secara offline dan tetap sah ketika kita gunakan untuk login.

Metode SMS/Telepon

Metode ini merupakan lapisan ketiga keamanan akun Google Anda. Opsi ini dapat diaktifkan dan cara kerjanya hampis sama dengan Google Authenticator.

Google akan mengiriman kode 6 digit via sms atau telpon yang digunakan untuk login. Opsi ini merupakan opsi yang dapat digunakan jika metode Google Authenticator tidak diaktifkan.

Metode Kode Cadangan

Metode ini berisi 10 kode cadangan sepanjang 8 digit yang dapat digunakan sekali jika Metode lainnya tidak bisa digunakan.

Ingat, setiap kode yang telah terpakai pada metode ini tidak dapat digunakan kembali dan harus digenerate ulang kapan pun yang Anda mau

Metode Kunci Keamanan

Kunci keamanan adalah metode verifikasi yang memungkinkan Anda untuk login dengan aman. Kunci keamanan dapat berupa bawaan ponsel Anda, menggunakan Bluetooth, atau dicolokkan langsung ke port USB komputer Anda.

Untuk menggunakan metode ini, harus memiliki kunci USB khusus berupa fisik tentunya. Kalau menurut saya, metode ini terlalu ribet dibanding yang lainnya.

Setelah Anda mengetahui metode apa saja untuk verifikasi dua langkah, kini tiba saatnya masuk ke topik utama tentang cara aktifkan verifikasi dua langkah pada akun Google.

Cara Lindungi Akun Google dengan Verifikasi 2 Langkah

  • Silahkan Anda klik di sini terlebih dahulu. Pastikan Anda telah login.
  • Kemudian, pilih metode verifikasi yang tersedia. Saya sarankan agar Anda mengaktifkan semuanya kecuali yang metode Kunci Keamanan (ribet :v).
  • Ikuti petunjuk pada layar yang muncul sesuai metode verifikasi yang Anda pilih.

Langkahnya kok sederhana sekali? Ya, memang sederhana tapi sangat berguna bukan untuk keamanan akun Google kita?

Setiap metode verifikasi akan muncul layar petunjuk yang berbeda. Sebagai contoh adalah sebagai berikut yang merupakan layar petunjuk untuk metode verifikasi via sms/telepon.

Begini Cara Lindungi Akun Google dengan Verifikasi 2 Langkah

Demikian artikel kali tentang cara melindungi akun Google dengan verifikasi dua langkah secara sederhana dan mudah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Afid Arifin
Afid Arifin Afid Arifin is a person who can suddenly become quiet when in an inappropriate environment. But you can be yourself when you make friends with the same frequency.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Lindungi Akun Google dengan Verifikasi 2 Langkah"