Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di Android

Afid Arifin - Pernahkah Anda menghapus file secara tidak sengaja di Android? Pasti pernah dong. Jika file yang terhapus tersebut tidak terlalu penting tidak mengapa, beda lagi kalau file itu penting pasti kita akan panik bukan?

2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di Android

(Ilustrasi File by Pixabay)

File yang secara tidak sengaja terhapus bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena disebabkan oleh aplikasi pembersih sampah Android yang tidak sengaja terpencet hapus tanpa memeriksa kembali file yang akan dihapus.

2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di Android

Nah sebelum masuk ke tutorial mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja di Android, pastikan sebelumnya Anda telah mempunyai backup terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengembalikan file yang terhapus di Android.

1. Menggunakan Google Drive

Google Drive merupakan produk dari Google yang berfungsi untuk menyimpan berbagai file di cloud secara aman dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun selama terkoneksi dengan internet.

Salah satu fitur yang dapat digunakan adalah hadirnya fitur backup otomatis ponsel Android. Selain itu Google Drive juga menyediakan opsi fitur trash atau sampah.

Fitur tersebut dapat digunakan apabila file yang ada di Google Drive secara tidak sengaja maka file yang terhapus tersebut akan masuk ke folder trash atau sampah.

Hal ini juga berlaku untuk backup otomatis dicadangkan di Google Drive maka untuk mengembalikannya cukup mudah.

Berikut adalah cara mengembalikan file yang terhapus yang berada di folder sampah Google Drive dengan mudah.

  • Silahkan Anda buka di sini.
  • Pilih atau blok beberapa file yang akan dipulihkan.
  • Lalu klik ikon jam di pojok kanan atas layar.
  • Selesai.

Setelah empat langkah di atas dilakukan maka file yang terhapus tadi secara otomatis akan berada di folder Drive Saya. Anda pun dapat mendownload file tersebut agar dapat digunakan secara offline.

Ingat, file yang berada di trash Google Drive akan terhapus secara otomatis setelah lebih dari 30 hari tidak dipulihkan.

2. Menggunakan Google Foto

Google Foto merupakan produk Google yang berfungsi untuk menyimpan video dan foto secara gratis. Sama seperti Google Drive, Google Foto juga dibekali fitur sampah yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja.

Berikut cara memulihkan file yang secara tidak sengaja di Android ini ditujukan bagi Anda yang kehilangan video atau foto berharga Anda.

  • Silahkan klik di sini.
  • Pilih foto atau video yang akan Anda pulihkan.
  • Klik tombol Pulihkan di pojok kanan atas.
  • Selesai.

Secara otomatis maka foto atau video Anda sebelumnya akan dipulihkan ke Album asal foto tersebut berada. Google Foto memiliki batas waktu pemulihan yakni 60 hari ke depan.

Kesimpulan

Nah itulah 2 cara mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja di Android. Cara ini juga sering saya lakukan untuk mengembalikan file saya yang terhapus.

Selamat mencoba 2 cara mudah di atas dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Afid Arifin
Afid Arifin Afid Arifin is a person who can suddenly become quiet when in an inappropriate environment. But you can be yourself when you make friends with the same frequency.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di Android"