Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Mengatasi Memori Penuh di Android, Smartphone Kembali Lancar Jaya

Afid Arifin - Sebagian pengguna smartphone Android banyak yang mengeluhkan memori smartphonenya cepat sekali penuh. Memori pada smartphone seperti otak manusia yang bisa menyimpan data atau file.

Cara Sederhana Mengatasi Memori Penuh di Android, Smartphone Kembali Lancar Jaya

Meskipun ukurannya terbilang kecil, tapi penyimpanannya sangat besar. Bahkan memori smartphone ada yang hingga 1TB. Memori tersebut bisa penuh jika data yang disimpan terlalu banyak, sehingga membuat smartphone menjadi lag.

Memori pada smartphone terbagi menjadi dua jenis, yaitu memori internal dan eksternal. Memori internal merupakan memori bawahan pada smartphone, sedangkan memori eksternal adalah memori tambahan yang disematkan. Lalu, bagaimana jika memori internal yang dimiliki smartphone tersebut sudah penuh?

Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Ampuh

Ketahui beberapa aplikasi yang sedang dipakai, karena biasanya aplikasi tersebut kadang tidak benar-benar diperlukan. Ketahui pula aplikasi yang memakai memori terlalu besar. Berikut cara untuk mengatasi memori ponsel jika terlalu penuh.

1. Rajin Membersihkan Cache

Salah satu cara untuk mengatasi memori penuh adalah rajin membersihkan cache aplikasi. Cache sendiri merupakan sisa data yang sudah tidak terpakai. Terus bagaimana caranya? Pertama masuk ke bagian "setting".

Selanjutnya pilih menu "app management". Jika sudah masuk, klik semua aplikasi yang sering diakses. Lanjutkan klik menu "storage usage". Dan didalamnya ada pilihan "clear cache", klik menu tersebut.

Perlu diketahui bahwa, jenis data yang paling sering menghasilkan cache adalah jenis iklan yang tampil pada smartphone Anda. Baik dari iklan di YouTube, Google dan sebagainya.

2. Memori Tambahan

Memori internal penuh karena banyaknya aplikasi yang diinstall. Untuk itu ada dua cara agar tidak terlalu penuh, yang pertama dengan uninstall aplikasi dan memindahkan aplikasi ke memori eksternal.

Sebelum memindahkan beberapa aplikasi, pastikan memori yang dipakai cukup besar kapasitasnya dibandingkan memori internal. 

Dan cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal dengan  membuka pengaturan atau setting. Setelah itu pilih setelan tambahan.

Buka pengaturan aplikasi dilanjutkan klik terinstall. Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi pindahkan ke memori eksternal atau SD card.

3. Install Aplikasi yang Diperlukan

Playstore memang memiliki berbagai macam aplikasi dan game yang sering membantu. Sayangnya, sering pengguna smartphone tidak menyadari bahwa aplikasi yang di install memakan memori terlalu banyak.

Untuk itu disarankan untuk mencari alternatif aplikasi lain yang memiliki ukuran file lebih kecil sebelum men-downloadnya. Selain itu, install-lah aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

4. Backup Foto

Pindahkan lokasi foto tersebut dari memori internal ke memori eksternal. Jadi, ketika membidik foto, otomatis tersimpan ke memori eksternal atau SD card. Caranya dengan membuka aplikasi kamera kemudian cari menu setting. Ganti lokasi penyimpanan dari internal menuju SD card.

Cara terbaik yang sering saya lakukan adalah membackup foto ke layanan penyimpanan online seperti Google Drive atau Google Photos dan sebagainya. Sehingga kapan pun saya butuhkan dengan cepat dan aman tersimpan.

Tutorial atasi memori penuh pada smartphone Android bisa diterapkan jika smartphone yang dipakai mulai lemot. Setelah mengetahui tutorial tersebut, diharapkan smartphone yang dipakai mulai kembali normal ketika dipakai. Semoga bermanfaat.

Afid Arifin
Afid Arifin Afid Arifin is a person who can suddenly become quiet when in an inappropriate environment. But you can be yourself when you make friends with the same frequency.

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Mengatasi Memori Penuh di Android, Smartphone Kembali Lancar Jaya"