Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memotret Galaxy Bima Sakti dengan Kamera Xiaomi Redmi Note 8

Afid Arifin - Galaxy Bima Sakti atau Milky Way merupakan galaxy berbentuk spiral yang di dalamnya terdapat tata surya kita.

Menurut ilmuwan, Galaxy Bima Sakti berisi bintang sekitar 100 hingga 400 milyar di dalamnya, termasuk matahari kita. Selain itu, Bima Sakti juga memiliki diameter 100 ribu tahun cahaya jauhnya.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk memotret Galaxy Bima Sakti perlu peralatan yang cukup memadai seperti menggunakan kamera DSLR.

Faktanya, memotret Galaxy kita ini bisa loh hanya bermodalkan kamera ponsel. Asalkan kamera pada ponsel kita memiliki fitur Pro atau mode manual.

Dalam tips kali ini, saya menggunakan kamera ponsel Xiaomi Redmi Note 8 untuk memotret Galaxy Bima Sakti. Sebelum memotret pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Anda berada di tempat yang gelap dan bebas polusi, lebih baik di pantai atau lapangan dekat pegunungan.
  2. Musim terbaik untuk mengamati adalah pada malam hari jam 12 malam ke atas pada April hingga Oktober setiap tahunnya.
  3. Pastikan ketika akan mengamati tidak ada satu pun sinar bulan. Atau lebih baiknya mengamati sekitar 1 hingga 7 hari sebelum memasuki bulan purnama.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, saya menggunakan kamera pada ponsel Xiaomi Redmi Note 8 Pro untuk memotret galaxy kita. Anda bebas menggunakan kamera ponsel apa saja yang penting ada mode manualnya.

Setting Kamera Mode Pro Xiaomi Redmi Note 8 untuk Memotret Galaxy Bima Sakti.

  • Lens: Wide.
  • EV: Otomatis  / 0.
  • ISO: 800.
  • Shutter Speed: 16s.
  • Focus: Maksimum.
  • White Balance: Auto

Untuk lensa disarankan memilih yang Wide agar hasil jepretan maksimal. EV biasanya akan otomatis mengikuti. Untuk ISO saya sarankan tetap berada di angka 800.

Jika shutter speed 16s dirasa kurang bagus, Anda dapat menaikannya lagi, sedangkan untuk focus dan white balance biarkan saja bernilai maksimum dan auto.

Berikut ini adalah hasil pemotret Galaxy Bima Sakti menggunakan kamera ponsel Redmi Note 8. Agak kurang jelas dikarenakan saya memotret ketika ada sedikit lampu halaman rumah.

Memotret Galaxy Bima Sakti dengan Kamera Xiaomi Redmi Note 8

Demikian informasi mengenai memotret Galaxy Bima Sakti dengan kamera xiaomi redmi note 8. Semoga bermanfaat dan selamat berburu keindahan malam dengan kamera ponsel Anda.

Afid Arifin
Afid Arifin Afid Arifin is a person who can suddenly become quiet when in an inappropriate environment. But you can be yourself when you make friends with the same frequency.

Posting Komentar untuk "Memotret Galaxy Bima Sakti dengan Kamera Xiaomi Redmi Note 8"