About Me

Afid Arifin – Saya adalah seorang mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarnegara yang tertarik di bidang komputer, terutama programming. Di dalam laman ini, saya akan berbagi cerita tentang awal mula saya terjun di dunia programming. Baiklah, langsung saja saya mulai.

Pada tahun 2013 yang lalu, saya pertama kaliya mengenal internet. Ketika itu saya masih menggunakan hp Nokia 3230 dan tidak bisa dibayangkan ketika itu betapa susahnya berinternet menggunakan hp jadul. Mulai dari harus setting APN dan Proxy terlebih dahulu agar bisa berinternet.

Setelah bersusah payah, akhirya saya pun berhasil mensetting APN untuk berinternet. Situs yang pertama kali saya akses waktu itu adalah WAPDAM atau sekarang lebih dikenal dengan WAPTRICK. DAri situs inilah, kemudian saya penasaran dengan yang namanya website.

Saat itu, saya sudah kenal dengan Google, akan tetapi malah justru yang pertama kali saya akses adalah WAPTRICK. Saking penasarannya dengan website, saya pun mencoba membuka Google dan mengetikkan keyword “Cara Buat Website“.

Setelah sekian lama saya berselancar mencari tutorial yang asyik, tepat pada awal Januari 2014 saya kenal dengan situs pembangun website atau lebih tepatnya blog dari India yaitu MyWapBlog. Namun sayangnya, pada tahun 2016 yang lalu situs MyWaBlog telah menutup layanannya.

Dari MyWapBlog lah saya menekuni dunia programming. Tapi, hanya saja di MyWapBlog hanya mendukung HTML dan CSS saja sehingga saya pun ingin meningkatkan skill dengan mencari ilmu baru. Kemudian, pada tahun 2015 yang lalu, saya mulai lagi berselancar mencari cara dengan keyword yang sama tentag bagaimana caranya membuat website yang dinamis sehingga saya menemukan ilmu programming baru yaitu PHP.

Ketika itu, saya belajar PHP hanya melalui hp juga dan ketika itu pula saya menggunakan HP cross C1. Benarkah? percaya tidak percaya hp itu seperti ini penampakkannya.

About Me
Cross C1

Lalu bagaimana saya bisa belajar menggunakan HP yang sama sekali tidak bisa diinstall web server untuk menjalankan PHP? dengan semangat belajar yang tinggi, saya tidak kehabisan akal dalam belajar programming terutama PHP pada waktu.

HP ini sepenuhnya sudah bisa internetan walau sangat terbatas. Setiap kali saya mencari materi progamming, lalu materi tersebut saya tulis di buka terutama untuk mencatat deretan baris kode. Lalu, hasil tulisan tersebut saya tulis ulang via FTP Client bernama realwap waktu itu.

Bisa dibayangkan betapa susahnya, apalagi dengan keterbasan pengetikkan karakter pada hp tersebut hanya mendukung sebanyak 1024 karakter. Kalau sedang mengingat masa-masa sulit itu rasanya pengen nangis.

Tetapi, sejak tahun 2016 – sekarang, peralatan untuk belajar programming sudah perlahan lebih baik lagi. Jadi, selama ini sudah karya apa saja dari belajar programming? Saya telah memiliki satu karya fenomenal untuk diri saya sendiri yaitu memiliki aplikasi sederhana untuk berbagi file atau file sharing.

Bahkan, script karya saya tersebut masih dipakai oleh orang lain untuk digunakannya. Saat ini pula, passion saya masih sama saat pada tahun 2014 yang lalu yaitu ingin menjadi seorang Web Developer.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan script hasil karya saya maka kalian bisa menghubungi saya. Sebelum menutup laman ini, saya ingin sedikit memotivasi kalian yang baru saja ingin tertjun di dunia programming, terutama Web Developers.

Beruntunglah kalian jika ingin terjun seperti saya. Kenapa? kalian pasti sudah dimudahkan oleh orang tua kalian sendiri seperti dibelikan laptop atau bahkan komputer untuk kegiatan coding kalian. Berbeda dengan saya dahulu yang masih susahnya minta ampun. Bahkan, laptop saja menjadi barang mewah bagi saya dan sulit untuk diwujudkan. Apalagi, saya mustahil waktu itu minta ke orang tua.

Belajarlah sesuai passion kalian yang ingin terjun sebagai apa, dan manfaatkanlah dengan baik peralatan kalian punya. Saya saja sejak tahun 2014 – 2019 yang lalu masih belajar programming via HP dan sejak akhir tahun 2019 saya baru memiliki laptop. Tetap semangat guys!.

Hmm, mungkin sampai di sini cerita tentang saya ini. Cerita ini memang benar-benar saya alami dan saya berterima kasih kepada orang tua saya sendir saat mengetahui kegiatan saya selama ini di dunia programming, sehingga saya benar-benar didukung hingga ke perguruan tinggi.

Perlu kalian tahu, saya belajar programming atau membuat blog sederhana itu hanya untuk mengisi waktu luang. Di mana saat itu saya putus sekolah karena kemalasan saya sendiri untuk bersekolah. Hingga pada tahun 2016 saya kembali melanjutkan sekolah.

Bagi kalian yang berniat putus sekolah, mending urungkan saja niat kalian itu. Karena, itu akan jadi penyesalan di kemudian hari. Teap semangat menjalani pendidikan kalian… Sekian dari saya…

Back to top button
Close
Close