Afid Arifin –  Belajar bahasa pemrograman terutama web developer programming di mulai dari mana gan? Jika ada yang bertanya demikian ke saya maka sudah tentu akan saya jawab “Mulai saja dari niat…”.

Sekilas Tentang Afid Arifin

Sebelum lanjut, saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya adalah Afid Arifin yang pada saat ini masih berstatus aktif sebagai mahasiswa aktif di STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara.

Afid Arifin - Developer

Afid Arifin

Saat tulisan ini diposting, sekarang saya berada di semester 3. Saat ini, saya berdomisili di kota Banjarnegara, Jawa Tengah setelah 6 tahun tinggal di Kalimantan Selatan dan pindah ke kota kelahiran pada tahun 2008.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan saya adalah bermula saat  masih di Kalimantan Selatan. Tepatnya bersekolah di SD Bebunga Estate Kalimantan Selatan. Kemudian, setelah pindah dari Kalimantan Selatan saya meneruskan pendidikan dasar saya di MI Al Fatah Majalangu selama kurang lebih 4 tahun.

Setelah lulus dari pendidikan dasar, di sinilah saya mulai tertarik dunia programming. Karena pada masa pendidikan menengah pertama saya sempat putus sekolah.

Mulai dari bersekolah di MTs Al Barokah Kebumen, MTs Al Irsyad Gunungjati hingga MTs Lebwak Wangi Pagedongan. Hingga pada akhirnya setelah berpindah-pindah sekolah waktu pendidikan menengah akhirnya saya putus sekolah.

Saya putus sekolah selama hampir 3 tahun pada tahun 2013 – 2016. Pada saat-saat saya putus sekolah, di sinilah saya menemukan passion saya menggeluti coding sambil mengisi waktu kosong saya saat putus sekolah.

Kemudian, setelah teman seangkatan mau pada lulus semua, saya kemudian bertaubat dan ingin kembali bersekolah hingga sebelum masuk ke pendidikan menengah atas, saya memutuskan untuk kejar paket setara SMP di PKBM Al Karim Mandiraja.

Pada tahun 2016, saya ahirnya resmi menjadi siswa aktif selama 3 tahun di MA Ma’arif Bawang dan lulus tahun 2019 dan melanjutkan pendidikan tinggi saya di STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara.

Bagaimana awal saya suka Web Developer?

Saya menyukai dunia pemrograman web bermula pada akhir tahun 2013. Situs yang pertama saya buka waktu itu adalah waptrick.com dan saya pun penasaran. Bisa tidak ya saya buat hal semacam waptrick? begitulah pertanyaan saya waktu itu.

Kemudian, situs kedua yang pertama kali saya akses adalah Google.com. Karena rasa penasaran saya semakin menjadi-jadi akhirnya saya melakukan pencarian tentang bagaimana cara membuat website dengan mudah.

Pada tahun 2014 awal, saya akhirnya menemukan situs bernama MyWapBlog.com sebagai pelopor saya meniti karis sebagi web developer. Dari sini pula saya mengenal yang namanya HTML, CSS, JavaScript, PHP dan sebagainya.

Namun, kini MyWapblog hanya tinggal kenangan saya karena website tersebut telah ditutup pada tahun 2016 kalau tidak salah.

Saya Belajar Web Developer Bagaimana?

Pada waktu itu saya belajar pemrograman sama sekali tidak melalui komputer. Saya hanya bermodalkan niat dan tekad menggunakan hp Nokia 3230 dan hp Cross C1 waktu itu.

Beruntunglah bagi kalian yang mau terjun sudah memiliki komputer atau perangkat yang lebih baik dari saya.

Pada tahun 2014 – 2016, saya belajar pemrograman dasar mulai dari HTML contoh kodenya saya tulis di kertas. Kemudian setelah selesai kode pun saya tulis ulang ke MyWapBlog.

Sulit gan? Tentu sulit, terlebih lagi hp Nokia 3230 dan Cross C1 hanya memiliki keterbatasan karakter ketik adalah 1024 karakter. Dan lebih parahnya lagi, Cross C1 browsernya tidak dapat membaca CSS.

Tetapi, saya tidak menyerah hingga pada tahun 2015 saya bisa membeli smartphone pertama saya yaitu hp Advan S45C. Hp tersebut pada waktu itu sudah terbilang cukup untuk perangkat pendukung saya dalam meningkatkan skill saya terutama pada bahasa PHP.

Dari mana gan belajr otodidaknya dapat referensi belajarnya? Pada tahun 2016 – sekarang saya kenal sama situs duniailkom.com dan sampai sekarang saya masih setia membeli ebooknya sebagai referensi saya.

Pada tahun 2016 pula, saya telah menentukan bahwa saya ingin menjadi Back End web developer dan dari tahun 2016 juga saya masih berfokus belajar php dasar hingga sekarang terjun ke framework.

Perjalanan Panjang Cita-cita Menjadi Web Developer

Perjalanan saya terjun dari 2013 – sekarang cukup panjang. Jika saya tulis dan diceritakan semua di sini maka saya yakin kalian akan malas membaca tulisan panjang sekali.

Oleh karena itu, jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang saya  maka silahkan saja kalian hubungi saya pada menu kontak yang tersedia.

Kesimpulan

Buanglah pikiran kalian tentang “Saya ingin belajar pemrograman mulainya dari mana?”. Jujur, saya rasanya ingin menampar orang kalau ada yang bertanya demikian.

Kenapa? karena seharusnya harus dimulai dari niat. Kalau sudah niat pasti akan terus mencari referensi belajar programnya. Saya saja dari tahun 2013 – sekarang saja masih belajar kok. Terlebih lagi awal-awal saya terjun sama sekali tidak punya komputer.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *