Informasi

Berapa Biaya Pembuatan Website Seperti afidarifin.com?

Berapa Biaya Pembuatan Website Seperti afidarifin.com?
Berapa Biaya Pembuatan Website Seperti afidarifin.com?

Afid Arifin – Halo teman-teman semua, jumpa kembali dengan saya yang pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar biaya yang dikeluarkan untuk membangun website afidarifin.com milik saya pribadi.

Artikel ini saya tulis agar kalian bisa mengira-ngira ketika akan berencana membuat website seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk membuat website seperti afidarifin.com.

CMS WordPress Self Hosted

Website ini sepenuhnya dihandle oleh CMS (Content Management System) WordPress.org atau dikenal dengan self hosted. Umumnya pasti jika menggunakan WordPress.org akan berbayar.

Bukannya wordpress itu gratis? Betul, yang gratis adalah wordpress.com dan berbayar adalah wordpress.org dan yang sebenarnya berbayar adalah hosting untuk menjalankan CMS wordpress self hosted tersebut.

Perlu diingat oleh kalian bahwa WordPress.org sepenuhnya akan selalu gratis dan yang berbayar adalah hostingnya.

Biaya Hosting

Untuk hostingnya di sini bisa kalian mau pakai jenis hosting apapun. Baik yang sifatnya shared atau vps.

Bedanya kalau shared itu sumber daya hosting akan digunakan bersama oleh user lainnya dan vps akan digunakan oleh satu orang.

Berapa Biaya Pembuatan Website Seperti afidarifin.com?
Berapa Biaya Pembuatan Website Seperti afidarifin.com?

Kalau saya lebih memilih menggunakan vps dan layanan yang saya pakai adalah vps dari VULTR. Berapa biaya vps di VULTR? dalam hal ini saya memulai dengan paket $60 / tahun.

Untuk hosting, jika Anda ingin memulai maka sangat disarankan untuk menggunakan tipe hosting yang shared terlebih dahulu.

Karena jika ingin menggunakan vps maka harus sedikit memiliki pengetahuan instalasi servernya.

Namun, jika kalian tetap ingin memulai dengan vps maka saya pun membuka jasa setup atau instalasi server vps berbasis Linux di sini.

Biaya Domain .com

Domain berfungsi sebagai alamat website kita. Saya lebih memilih domain .com sebagai alamat website saya.

Biaya sewa yang saya keluarkan adalah 2 tahun dengan total biaya $24 di penyedia layanan domain luar negeri name.com.

Biaya Tema WordPress

Kelebihan wordpress self hosted adalah kita bisa kustomisasi tema website sesuai dengan keinginan kita. Terdapat ratusan tema gratis maupun berbayar.

Tema yang saya pakai di website saya adalah tema ceris yang saya beli dengan harga $29 original tentunya yang dapat kalian beli juga di Themeforest.

Biaya Perawatan

Jika website sudah jadi maka kita harus tetap merawat website kita. Saya sendiri melakukan maintenance website dengan tambahan biaya per bulan sebanyak $15.

Kesimpulan

Berikut adalah biaya yang saya keluarkan untuk website saya dalam tahun.

Hosting / VPS$60 / thn.
Domain .com$24 / 2 thn.
Tema Premium WordPress$29 / lifetime.
Biaya Maintenance $180 / tahun.
Total Biaya = $293 / tahun

Dari table di atas dapat dilihat bahwa biaya per tahun yang saya keluarkan adalah sebesar $293 / tahun atau sekitar Rp4.114.774 dengan kurs dollar Rp14.000.

Wah kok besar sekali? Ya, apapun jika memulai pasti mahal. Table di atas adalah biaya awal yang selanjutnya jika website sudah jadi maka kita hanya lanjut sewa hosting atau vps sebesar $5 / bln.

Dari mana sumber dana saya sedangkan website saya belum ada iklannya? Sumber pembiayaan saya berasal dari jasa dan layanan yang saya buka.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *