Informasi

Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting

Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting
Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting

Afid Arifin – Halo sobat, kembali lagi bersama saya. Pada kesempatan kali ini saya kembali berbagi informasi mengenai cara install control panel aaPanel di VPS gratis dan open source sebagai alternatif cpanel.

Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting

Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting

Dalam prakteknya, ketika Anda mengelola VPS unmanaged tanpa kontrol panel akan terasa lebih sulit. Kenapa? karena pasti Anda akan bergelut dengan ssh atau terminal.

Dengan menggunakan control panel dalam mengelola VPS maka dalam mengelola VPS Anda akan merasa sedikit mudah.

Apa Itu aaPanel?

aaPanel adalah solusi perangkat lunak kontrol panel VPS atau hosting yang mendukung berbagai sistem operasi distribusi Linux seperti CentOS, Debian dan Ubuntu.

aaPanel menggunakan dua jenis web server utama yaitu LNMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan LAMP (Linux, Apache, MariaDB, PHP).

Selain ringan, ternyata lisensi yang ditawarkan oleh aapanel adalah open source yang artinya jika Anda memiliki programming atau Linux dapat berkontribusi ke aaPanel dan semua fitur yang Anda dapatkan gratis.

Cara Install aaPanel di Berbagai Distribusi Linux

Baiklah, sebelum kita masuk ke pembahasan fiturnya alangkah baiknya saya memberikan informasi cara install aaPanel di berbagai distro atau distribusi Linux.

Disarankan sebelum menginstall pastikan OS yang kalian pakai dalam kondisi pure install. Memiliki setidaknya 512 MB RAM, dan lebih dari 60 MB kapasitas penyimpanan.

Direkomendasikan lebih baik memakai CentOS 7 agar fitur di dalamnya bekerja dengan baik semua. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, sebelum saya memakai CentOS 7 fitur di aaPanel seperti terminal tidak dapat bekerja dengan baik.

Cara Install aaPanel di CentOS

Bagi Anda yang menggunakan CentOS minimal CentOS 7 ke atas silahkan copy dan pastekan command berikut ke akun SSH Anda atau terminal. Pastikan Anda sudah dalam kondisi login ke SSH Anda.

Rekomendasi terbaik dari saya, pastikan Anda menggunakan CentOS 7. Kenapa? Karena aaPanel dibuat berdasarkan lingkungan CentOS 7.

-y wget && wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install_6.0_en.sh && bash install.sh aapanel

Cara Install aaPanel di Ubuntu/Deepin

Kemudian jika Anda pengguna Ubuntu maka silahkan copy dan pastekan command berikut ke akun SSH Anda atau terminal. Pastikan juga Anda sudah dalam kondisi login ke SSH Anda.

Selain itu, perintah command ini juga dapat digunakan ke distribusi Linux Deepin.

wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install-ubuntu_6.0_en.sh && sudo bash install.sh aapanel

Cara Install aaPanel di Debian

Kemudian, apabila Anda menggunakan Debian maka silahkan lakukan hal yang sama seperti di atas dengan copy paste command berikut.

wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install-ubuntu_6.0_en.sh && bash install.sh aapanel

Setelah memasukkan command terminal di atas, silahkan tunggu proses instalasi hingga selesai. Berdasarkan pengalaman saya proses install tidak memakai lebih dari 5 menit.

Nah, berikut ini adalah tampilan dashboard dari aaPanel yang saya gunakan menggunakan CentOS 7.

Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting

Cara Install aaPanel Control Panel VPS Hosting

Apa Saja Fitur di aaPanel?

Berikut adalah beberapa fitur utama dari kontrol panel VPS aaPanel yang berdasarkan informasi saya dapatkan langsung di halaman resmi aaPanel.

Fungsi Utama

Setidaknya terdapat 10 fungsi utama ketika Anda baru pertama kali menginstall aaPanel ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.

OneClick install LAMP/LNMP, Web Management, Data Management, FTP, System Monitoring, File Management, Online Editor, Security, Scheduled Tasks, dan Software Management.

Lingkungan Software

Lingkungan software aaPanel mencangkup Nginx, Apache, MySQL, PHP, PureFTPd, PHPMyAdmin, Tomcat, PM2 Manager, Docker Manager, MongoDB, Memcached, Redis, dan GitLab.

System Tools

Setidaknya terdapat dua fungsi utama dalam system tools ini. Yaitu System Firewall untuk management firewall dan Linux Tools untuk management OS yang kalian pakai.

Plugins

aaPanel memiliki 11 plugin utama yang dapat Anda pakai untuk memperluas fungsional VPS Anda. Di antaranya dalah sebagai berikut.

Java Manager, DNS Manager, Mail Server, Fail2Ban, OneClick Deploy Website, OneClick Migration, Python Project, PostgreeSQL Manager, Webhook, PHP Guardian, SSH Terminal.

Backup Storage

aaPanel memiliki sistem back up ke penyimpanan awan seperti Google Drive. Terdapat beberapa plugins untuk melakukan hal ini yaitu di antaranya sebagai berikut.

FTP Storage, S3 Storage, Google CLoud Storage, Google Drive, AWS.

OneClick Deployment Website

Fungsi dari one click deployment website ini hampir sama dengan softaculous pada cPanel.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat melakukan instalasi WordPress, Laravel, Joomla dan lain sebagainya hanya dengan beberapa klik saja.

Kesimpulan

Setelah saya berkeliling mencari panel vps yang nyaman dan saya pun menemukan aaPanel sebagai kontrol panel vps yang saya gunakan.

Perlu menjadi catatan bahwa aaPanel merupakan panel yang bersifat single user yang artinya apabila Anda bertujuan menjual ulang hosting maka tidak dapat dilakukan di aaPanel.

Dengan menggunakan panel dalam mengelola VPS maka proses pengelolaan akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan tanpa panel.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *