InformasiScript PHPScript Programming

Importer CSV Geo IP Country Whois dengan PHP dan MySQL

Afid Arifin – Halo teman-teman semua, balik lagi bersama saya yang masih tetap memberikan tutorial seputar dunia pemrograman. Kali ini kita akan membuat Importer CSV Geo IP Country Whois dengan PHP dan MySQL.

Importer CSV Geo IP Country Whois dengan PHP dan MySQL merupakan tools sederhana dari saya yang berfungsi untuk mengimport file csv ke phpmyadmin lebih cepat.

Intro

Melanjutkan artikel sebelumnya yang dapat Anda baca di sini, di mana pada artikel tersebut saya berbagi data ip address lengkap dengan nama negara tersebut.

Terdapat dua jenis file database data ip address yang terlampir dalam file kemarin yaitu dalam format sql dan csv.

Baca Juga

Database MySQL Geo IP Country Whois Siap Pakai Gratis

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika ingin mengimport file csv ke phpmyadmin itu belum sepenuhnya mendukung hal tersebut. Oleh karena itu, saya berinisiatif membuatkan tools sederhana untuk mengimport file csv ke phpmyadmin

Karena pada tutorial sebelumnya saya belum membuatkan langsung tools untuk mengimport file csv ke phpmyadmin maka Anda tepat berada di sini karena sesaat lagi saya akan berbagi source code php importer file csv ke phpmyadmin.

Download Source Code Importer File CSV dengan PHP

Untuk mendapatkan source code php importer file csv tersebut dapat Anda download di sini. Di dalam paket source code tersebut terdapat 5 file utama sebagai berikut.

  • BacaDulu.txt merupakan file yang berisi panduan untuk menggunakan souce code ini.
  • config.php merupakan file yang berisi konfigurasi koneksi ke database.
  • geoipcountry.sql merupakan file sql yang wajib Anda import melalui phpmyadmin.
  • GeoIPCountryWhois.csv merupakan file csv mentah yang berisi data ip address dan sebagainya yang akan di import ke phpmyadmin.
  • import.php merupakan file php yang akan mengeksekusi proses import. Di dalam file ini juga, juga sudah dilengkapi dengan komentar sebagai alur prosesnya.

Kesimpulan

Setelah Anda mendownload source codenya, pastikan Anda mengikuti panduan saya yang berada di file BacaDulu.txt.

Karena file csv GeoIPCountryWhois.csv memiliki ukuran file yang cukup besar, maka dalam proses import terkadang bisa lebih lama atau bahkan lambat.

Menarik untuk Anda Baca

Kecepatan proses import file csv tersebut sangat bergantung dengan server yang Anda gunakan dan kemudahan akses internet Anda.

Pada kasusnya, proses import melalui localhost dapat berjalan kurang dari 10 detik sudah berhasil diproses semua isinya.

Dengan menggunakan source code ini, semoga dapat menghemat waktu Anda dan terlebih lagi file csv GeoIPCountryWhois.csv memiliki data lebih dari 200rb data.

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close