Informasi

Manfaat dari CDN Cloudflare Sebagai Pengaman Tambahan

Manfaat dari CDN Cloudflare Sebagai Pengaman Tambahan
Manfaat dari CDN Cloudflare Sebagai Pengaman Tambahan

Afid ArifinHalo teman-teman, jumpa lagi bersama saya. Sudah beberapa hari ini sejak tanggal 11 mei 2020 lalu saya tidak posting artikel lagi dikarenakan ada beberapa masalah server yang saya gunakan sehingga membuat website ini down. Tapi itu tak apa, karena kali ini kita akan membahas seputar cloudflare.

Saat website ini saya down dikarenakan DDoS Attack, saya berupaya menangani semaksimal mungkin agar website saya tetap bisa diakses.

Termasuk menghubungi pihak pihak provider server dan mereka memberikan saran kepada saya agar menggunakan cloudflare agar mendapatkan perlindungan DDoS Protection.

Pengertian DDoS Attack

DDoS Attack atau Denial Of Service Attack merupakan suatu jenis serangan di dalam jaringan internet yang umumnya menyerang jaringan komputer atau server.

Serangan ini bekerja dengan cara menghabiskan sumber daya yang dimiliki oleh komputer atau server tersebut dengan hingga akses menjadi lambat.

Dalam laporan pihak server yang digunakan oleh saya, server saya diserang cukup masif.

Pengertian Cloudflare

Cloudflare merupakan jasa pengamanan lalu lintas jaringan penyaluran konten atau lebih di kenal dengan istilah CDN (Content Delivery Network).

Manfaat dari CDN Cloudflare Sebagai Pengaman Tambahan

Manfaat dari CDN Cloudflare Sebagai Pengaman Tambahan

Cloudflare didirikan pada tahun 2009 oleh 3 orang rekan yang bernama Mathew Prince, Lee Holloway, dan Michelle Zatlyn di San Fransisco, Amerika Serikat.

Dalam prakteknya, saya juga menggunakan CDN gratis ini agar website saya aman dan juga ketika diakses akan sedikit lebih cepat dari biasanya.

Fitur-Fitur di Cloudflare

Nah, untuk mengetahui fitur apa saja yang akan didapatkan sebenarnya cukup akses di sini. Seperti terdapat fitur firewall, dns, caching dan masih banyak lagi.

Integrasi Cloudflare

Untuk mengintegrasikan layanan gratis CDN ini, ada beberapa metode. Bisa kalian akses di cpanel kalian jika sudah didukung oleh layanan hosting kalian.

Jika tidak terdapat di dalam cpanel, kalian dapat mengintegrasikan langsung via website cloudflare. Terdapat metode CNAME dan Full DNS. Perbedaan keduanya apa saja?

Jika di metode CNAME, perlindungan hanya akan ditangani partialy atau hanya sebagian saja. Sedangkan jika Full DNS, perlindungan akan dilakukan secara penuh.

Hanya saja, jika menggunakan metode Full DNS maka, kalian akan mengganti nameserver yang diberikan oleh cloudflare pada domain kalian.

Saat saya mendapatkan saran dari pihak server yang saya gunakan, sampai saat ini saya selalu menggunakan cloudflare sebagai pengamanan tambahan untuk website saya ini.

Sederhananya, cloudflare akan bekerja sebagai jembatan penghubung antara pengujung dan server. Tujuan sederhananya adalah agar terhindar dari serangan berbahaya dari pengunjung.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *