Informasi

Menjadi Web Developer? Pelajari 5 Bahasa Pemrograman Ini

Menjadi Web Developer? Pelajari 5 Bahasa Pemrograman Ini
Menjadi Web Developer? Pelajari 5 Bahasa Pemrograman Ini

Afid Arifin – Ingin menjadi web developer? Pelajari saja dahulu 5 bahasa pemrograman dasar ini. Lalu, Belajar bahasa pemrograman dari mana sih?

Sebagian orang ketika ingin memulai belajar bahasa pemrograman pasti akan mengajukan pertanyaan klasik tersebut. Lalu bagaimana solusinya?

Menjadi Programmer Itu, Apa Sih Motivasinya?

Menjadi seorang programmer di era digital ini sangat menarik banyak orang, termasuk saya sendiri. Alasan umum banyak orang yang berlomba-lomba menjadi seorang programmer karena potensi yang begitu besar di era digital ini.

Bahkan sebagian ada yang menjadikan profesi programmer menjadi pekerjaan utama.

Apa Saja Jenis-Jenis Programmer?

Sebelum Anda terjun mempelajari suatu bahasa pemrograman, alangkah baiknya Anda menentukan ingin menjadi programmer apa?. Dalam artikel saya ini adalah programmer website.

Menjadi Web Developer? Pelajari 5 Bahasa Pemrograman Ini

Menjadi Web Developer? Pelajari 5 Bahasa Pemrograman Ini

Karena dalam dunia nyata, jenis programmer terbagi menjadi programmer app, programmer, web, programmer dekstop dan sebagainya. Jangan sampai pilih ya dalam menentukan hal ini.

5 Bahasa Pemrograman Web

Berikut adalah kelima bahasa pemrograman web developer versi Afid Arifin.

1. HTML (Hypertext Markup Language)

Sebenarnya, html bukanlah jenis bahasa pemrograman. Kenapa demikian? karena html tidak memenuhi salah satu syarat bahasa pemrograman yaitu tidak dapat memecahkan suatu masalah logis.

Seperti penggunaan operator aritmatika dalam suatu bahasa pemrograman. Fungsi html adalah sebagai bahasa markup atau kerangka dasar dari suatu website dan bersifat statis.

2. CSS (Cascading Style Sheet)

Agar tampilan dari suatu aplikasi web menjadi menarik maka harus dipoles dengan CSS. Css berfungsi sebagai pemercantik desain suatu halaman website agar tampilan semakin menarik.

3. JavaScript

Nah, javascript merupakan suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk memanipulasi suatu website agar lebih dinamis dan interaktif. Javascript akan memproses data di sisi client atau sisi browser pengguna.

4. PHP (Hypertext Preprocessor)

Jika javascript memproses data di sisi client maka php adalah sebaliknya yaitu memproses suatu data di sisi server. Maka sebelum data ditampilkan ke pengguna maka kode php yang telah dibuat akan diproses dahulu di server php.

5. MySQL

MySQL merupakan salah satu DMBS (Database Management System) yang menggunakan perintah SQL (Structured Query Language) yang banyak digunakan saat ini dalam proses pembuatan aplikasi.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui bahasa pemrograman web dasar maka apa solusinya? solusinya adalah belajarlah dari sekarang tanpa menunda lebih lama lagi.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *