Informasi

Pentingkah Penerapan Algoritma di Bahasa Pemrograman?

Afid Arifn – Di antara teman-teman sekalian, mungkin ada yang bertanya-tanya tentang seberapa pentingnya sebuah algoritma di dalam suatu bahasa pemrograman bukan? sesaat lagi, saya akan sedikit mengulas pertanyaan dari teman-teman.

Baca Juga

Membuat Preloader Animasi Keren dengan CSS dan HTML

Pengertian

Algoritma merupakan suatu cabang ilmu matematika yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan menggunakan langkah – langkah logis. Selain itu, dalam pembuatan sebuah algoritma harus ditulis secara berurutan dan sistematis.

Syarat – Syarat

Adapun beberapa syarat yang wajib Anda penuhi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Keterbatasan, sebuah algoritma yang dibuat harus memiliki nilai akhir. Ini berkaitan dengan keefisiensian dari algoritma kita sendiri.
  • Efisien, harus dibuat harus secara efisien, karena dalam satu permasalahan yang ada dapat ditemukan tak terhingga kemungkinan solusi tetapi dari sekian banyak solusi harus dipilih yang paling efisien.
  • Input (Masukkan), algoritma yang baik pasti akan membutuhkan bahan – bahannya dahulu sebelum diproses dan menghasilkan output.
  • Output (Keluaran), jika ada input pasti ada juga output. Misalnya, Anda menginput penjumlahan 2 + 2 maka sama dengan 4.
Mungkin And Suka

Jenis – Jenis Error

Ketika pembuatan telah selesai maka berikutnya adalah menuliskannya. Akan tetapi, terdapat beberapa error yang sudah pasti akan ditemukan. Di antara error tersebut adalah sebagai berikut.

1. Syntax Error

Merupakan jenis error yang terjadi ketika kita menuliskan algortima ke dalam bahasa pemrograman tertentu. Jenis error ini paling mudah dideteksi karena biasanya akan langsung memunculkan pesan error.

2. Runtime Error

Merupakan jenis error yang terjadi ketika program yang telah kita buat dijalankan. Misalnya, ketika kita melakukan operasi pembangian bilangan apapun dengan angka nol. Dalam bahasa pemrograman tertentu, pembagian bilangan dengan nol sering disebut dengan Not A Number atau (NaN).

3. Logic Error

Merupakan jenis error yang paling susah dideteksi. Hal ini terjadi ketika kita salah dalam tahap pembuatan algoritma. Baik dari sisi cara kita menulis maupun logikanya kita yang salah.

Kesimpulan

Algoritma dapat diibaratkan sebuah resep dalam pembuatan makanan. Oleh karena itu, keberadaannya di dalam pembuatan algoritma sangatlah penting.

Dalam pembuatannya, dapat ditulis dalam beberapa gaya. Di antara gaya penulisannya adalah Pseudocode dan Flowchart. Kedua teknik penulisan tersebut akan saya bahas dalam artikel berikutnya.

Tags
Show More

Related Articles

2 Comments

  1. Penting banget mas menurut saya, sehebat-hebatnya sebuah sistem, tentu kan butuh peran serta programmer di dalamnya, ketika logic programmer nya kurang dalam urusan algoritma, tentu akan menyulitkan konsep yang ingin di buatkan di sistem dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan hehe

    Salam kenal sesama blogger ya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close